Thursday 8 September 2016

PSIKOLOGI

Psikologi


Apa itu Psikologi ?
Psikologi adalah sebuah bidang ilmu pengetahuan dan ilmu terapan yang mempelajari mengenai  perilaku dan fungsi mental manusia secara. Para praktisi dalam bidang psikologi disebut para psikolog. Para psikolog berusaha mempelajari peran fungsi mental dalam perilaku individu maupun kelompok, selain juga mempelajari tentang proses  fisiologis danneuro biologis yang mendasari perilaku.

psikologi berasal dari bahasa yunani psyche yang berarti jiwa dan logos yang berarti ilmu. dari kedua kata tersebut, psikologi diartikan sebagai ilmu jiwa. dalam klasifikasi ilmu pengetahuan, psikologi termasuk dalam cabang ilmu filsafat. sebagai cabang ilmu filsafat yang dipelajari dalam psikologi adalah hakikat jiwa manusia.

orang yang berperan penting dalam perkembangan psikologi ini adalah Demokritus. ia merupakan seorang filsuf pertama di dunia yang memerhatikan pentingnya pengaruh keadaan keluarga terhadap pembentukan kepribadian anak. semenjak itu, psikologi pendidikan terus mengalami perkembangan ke arah kemajuan dan penyempurnaan-penyempurnaan. perkembangan dan kemajuan psikologi pendidikan juga ditandai dengan munculnya ahli-ahli di bidang ini. 

menurut teori yang dikemukakan oleh demokritus, sesuatu terdiri dari bagian-bagian yang tidak terbagi-bagi lagi yang disebut atom, dan atom mempunyai gerakan-gerakan yang tetap. orang atau manusia terdiri dari atom-atom jiwa dan atom-atom badan )jasmani). hakikat jiwa tidak didefenisikan dalam terminologi tertentu sehingga muncullah psikologi sebagai ilmu jiwa (soul). pendapat demokritus tersebut ternyata memancing reaksi dan pertentangan ahli-ahli lain yang akhirnya memunculkan defenisi psikologi sebagai ilmu pikiran (mind). 

ahli lain yang mengemukakan selain Demokritus adalah plato dan aristotles yang hidup pada abad 4 SM. Aristotles memberikan pandangan-pandangan psikologisnya lebih sistematis dan komprehesif dalam tulisan-tulisannya. plato dan aristoteles telah mengembangkan sistem pendidikan dan hubungannya dengan prinsip-prinsip psikologi. keduanya menulis berbagai aspek pendidikan, misalnya suatu tipe pendidikan untuk jenis orang tertentu seperti untuk golongan pekerja, tentara, pemerintah, dan lain-lain. selain itu, Plato dan Aristoteles juga menulis tentang pendidikan karakter, profesi, dan metode mengajar, hakikat belajar, pengaruh-pengaruh rumah dalam pendidikan, dan sebagainya. 

Ilmu seperti apa yang dipelajari dalam psikologi ?

Dalam psikologi ada beberapa bagian yang dapat dipelajari, dimana psikologi membagi beberapa ranah menjadi beberapa bagian, dan bagian tersebut adalah sebagai berikut :
1. Psikologi kepribadian – mempelajari sejarah dan filosofi dasar pengelompokan kepribadian-kepribadian, jenis-jenis kepribadian, dll.
2. Psikologi umum – mempelajari seluruh aspek ilmu psikologi, jadi lebih ke perkenalan apa saja yang dipelajari dalam psikologi.
3. Psikologi klinis – mempelajari tentang masalah-masalah kejiwaan, jenis-jenis penyakit kejiwaan, sampai ke bagaimana penanganannya.
4. Psikologi perkembangan – mempelajari ilmu perkembangan manusia mulai dari lahir sampai tua.



No comments:

Post a Comment